Beranda | Artikel
Boleh Mendoakan Jazakallahu KhairanKepada Orang Kafir
Sabtu, 1 Oktober 2016

Dewan fatwa Islamweb dibawah asuhan Syaikh Abdullah Al-Faqih ditanya, “Apakah boleh bagi saya mengucapkan kepada orang kafir doa “Jazakallahu khairan” (Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), jika ia telah membantu saya”

Jawaban:

ﻓﺎﻟﺬﻱ ﻳﻈﻬﺮ ـ ﻭﺍﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ ـ ﺃﻧﻪ ﻻ ﺣﺮﺝ ﻓﻲ ﺃﻥ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﻤﺴﻠﻢ ﻟﻠﻜﺎﻓﺮ ﺍﻟﺤﻲ ” ﺟﺰﺍﻙ ﺍﻟﻠﻪ ﺧﻴﺮﺍ ” ﻣﻜﺄﻓﺎﺓ ﻟﻪ ﻋﻠﻰ ﻣﻌﺮﻭﻓﻪ ﺃﺳﺪﺍﻩ ﺇﻟﻴﻪ.
ﻓﺈﻥ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻗﺪ ﻧﺼﻮﺍ ﻋﻠﻰ ﺃﻧﻪ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻠﻜﺎﻓﺮ ﺑﺎﻟﻬﺪﺍﻳﺔ ﻟﻺﻳﻤﺎﻥ ﻭﺍﻟﺪﺧﻮﻝ ﻓﻲ ﺍﻹﺳﻼﻡ، ﻭﻛﺬﻟﻚ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻪ ﺑﻤﺼﺎﻟﺢ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻣﻦ ﻧﻌﻤﺔ ﺍﻟﻤﺎﻝ ﻭﺍﻟﻮﻟﺪ ﻭﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻣﺴﺎﻟﻤﺎ، ﻭﻫﺬﺍ ﻛﻠﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺨﻴﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺠﻮﺯ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻪ ﺑﻪ

Yang nampak lebih tepat menurut kami -wallahu a’lam- adalah tidak mengapa seorang muslim mengucapkan kepada orang kafir yang masih hidup ucapan “Jazakallahu khairan“, Sebagai balasan terhadap perbuatan baik yang ia lakukan padanya.

Para ulama telah menegaskan bahwa boleh berdoa untuk orang kafir berupa hidayah kepada iman dan agar masuk Islam. Demikian juga doa untuk kemashlahatan dunia berupa nikmat harta, anak dan sejenisnya jika mereka termasuk kafir yang tidak memerangi Islam. Ini semua adalah kebaikan dan boleh berdoa untuknya.

Sumber: http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=136628

***

Penerjemah: dr. Raehanul Bahraen

Artikel Muslim.or.id

🔍 Hadits Sombong Kepada Orang Sombong, Tafsir Surat Al Mulk, Halal Bi Halal Dalam Islam, Zakat Kambing, Hukum Melihat Aurat Wanita Di Internet


Artikel asli: https://muslim.or.id/28737-boleh-mendoakan-jazakallahu-khairan-kepada-orang-kafir.html